Postingan

Kelebihan dan kekurangan Linux/windows 7

Pratinjau
1.      Windows
 Kelebihan dari system operasi windows adalah karena memang system operasi ini bersifat user friendly dalam penggunannya dibandingkan dengan sistem operasi yang lain, Instalasi Software masih mudah dibandingkan dengan instalasi di sistem operasi yang lain.

Serta Kekurangan Sistem operasi Windows adalah semakin banyaknya keluhan tentang  serangan virus yang sering menyerang sistem operasi ini. Meski sering ada perbaikan dari pihak pengembangnya, tetap saja tidak bisa meminimalisasi gelombang serangan virus.  Komunitas terlalu sedikit, karna memang dia bersifat closed-source.


Kelebihan dan kekurangan system operasi windows 7
Kelebihan :
1. proses boot/shut down lebih cepat
2. konsumsi daya CPU, hard disk (HD) dan memori yang dibutuhkan system service lebih sedikit
3. Mengoptimisasi prefetching baik untuk HD maupun SSD
4. Tampilan Lebih bagus dari segi 3 demensinya yang menonjol
5. Fitur sekurity yang benar-benar ketat.
Kekurangan :
1. Beberapa aplikasi belum bisa beroperasi di Windows 7
2. Bug pada Windows Player 12
3. Ada hardware yang bisa langsung dikenali di Vista, tapi tidak di Windows 7
4. Susah memaksa software yang sebelumnya bisa dipaksakan diinstall di Vista, juga dipasang di Windows 7



2.      Linux
Kelebihan Linux :
1.       Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka. Sehingga dapat dikatakan, tidak terdapat biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux
2.       Linux mudah digunakan. Dulu, Linux dikatakan merupakan sistem operasi yang sulit dan hanya dikhususkan untuk para hacker. Namun, kini, pandangan ini salah besar. Linux mudah digunakan dan dapat dikatakan hampir semudah menggunakan Windows.
3.       Hampir semua aplikasi yang terdapat di Windows, telah terdapat alternatifnya di Linux. Kita dapat mengakses situs web Open Source as Alternative untuk memperoleh informasi yang cukup berguna dan cukup lengkap tentang alternatif aplikasi Windows di Linux.
4.       Keamanan yang lebih unggul daripada Windows. Dapat dikatakan, hampir semua pengguna Windows pasti pernah terkena virus, spyware, trojan, adware, dsb. Hal ini, hampir tidak terjadi pada Linux. Di mana, Linux sejak awal didesain multi-user, yang mana bila virus menjangkiti user tertentu, akan sangat sangat sangat sulit menjangkiti dan menyebar ke user yang lain. Pada Windows, hal ini tidaklah terjadi. Sehingga bila dilihat dari sisi maintenance / perawatan data maupun perangkat keras-pun akan lebih efisien. Artikel yang menunjang argumen ini:

    Kekurangan Linux :
1.       Banyak pengguna yang belum terbiasa dengan Linux dan masih ‘Windows minded’. Hal ini dapat diatasi dengan pelatihan-pelatihan atau edukasi kepada pengguna agar mulai terbiasa dengan Linux.
2.       Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada Linux. Untuk mencari daftar perangkat keras yang didukung pada Linux, kita dapat melihatnya di Linux-Drivers.org atau linuxhardware.org.
3.       Proses instalasi software / aplikasi yang tidak semudah di Windows. Instalasi software di Linux, akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD / DVD repository-nya. Bila tidak, maka kita harus men-download satu per satu package yang dibutuhkan beserta dependencies-nya.


Linux lebih baik dari windows dalam system keamanannya.
Alasan utamanya adalah karena sistem Windows berjalan di komputermu  sering sekali terjangkit virus. Sedangkan Linux hampir tidak memiliki virus. Dan itu bukan berarti system operasi linux tidak memiliki virus, hanya saja linux sukar untuk terjangkit virus. Jika pernah mendengar tentang virus Linux Tentu saja bukan tidak mungkin Linux juga dapat terserang oleh virus.]

Linux Melindungi Sistem pada system operasi windows. Virus, trojan, adware, spyware … Windows mengizinkan semua itu memasuki computer dengan mudah. Waktu rata-rata PC dengan OS Windows (terkoneksi ke internet dengan update Service Pack 2) untuk terinfeksi adalah 40 menit (bahkan kadang-kadang bisa lebih cepat lagi, sekitar 30 detik). 

1 comment: